Minggu, 01 Agustus 2010

Desinisi Kreativitas


Definisi kreativitas

Seringkali kita mengalami kemandegan dalam melakukan aktivitas. Bisa saja mandeng dalam menulis atau beragam aktivitas lain. Aku sering kali melihat banyak blogger yang sangat produktif dan menghasilkan banyak hal.Contoh pak dhe Cholik Blogger yang satu ini beragam acara yang dilakukan dan setiap postingan selalu ada yang baru dan sangat orisinil.Itulah kreativitas.Seringkali kreativitas itu macet hanya gara-gara hal-hal yang sepele.Setelah mengecek Notepadku hmm ternyata ada Tulisan kreativitas , ah aku comot saja untuk postingan hari ini. Biarlah kuberi judul Definisi kreativitas.Mungkin ini bermanfaat untuk kita semua.

Definisi Kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru(inovatif)atau belum ada sebelumnya , segar ,menarik , aneh dan mengejutkan,berguna dan dapat dimengerti.Kegiatan kreatif mengandung perubahan arah.Dalam hal pencarian ide ,kita berada untuk menemukan ide ,gagasan,pemecahan masalah ,peyelesaian perkara atau cara kerja baru.dan ketika jalan buntu merupakan titik akhir usaha kita maka bila kita melakukan hal yang sudah kita pernah kerjakan dan semuanya sudah di coba maka tiada kata lain berfikir secara kreatif adalah hal yang perlu dilakukan.Ada Tahap-tahap kreativitas yang perlu dilakukan antara lain :

1. Persiapan (Preparation): Meletakan dasar.Mempelajari latar belakang perkara,seluk beluk,dan problematikanya
2. Konsentrasi (Consentration) : Sepenuhnya memikirkan ,masuk luluh,terserap dalam perkara yang dihadapi
3. Inkubasi (Incubation) : Mengambil waktu untuk meningalkan perkara,Istirahat,
waktu santai .Mencari kegiatan-kegiatan yang melepaskan diri dari kesibukan pikiran mengenai perkara yang sedang dihadapi
4. Iluminasi(Ilmunination): tahap mendapatkan ide gagasan ,pemecahan,peyelesaian,cara kerja,jawaban baru.
5. Verifikasi / Produksi (Verification/production) : menghadapi dan memecahkan masalah-masalah praktis sehubungan dengan perwujudan ide, gagasan ,pemecahan,peyelesaian, cara kerja,jawaban baru,Seperti menghubungi, meyakinkan dan mengajak orang,meyusun rencana kerja, dan melaksanakannya.

Dilihat definisi kreativitas dan Tahap-tahap kreativitas yang perlu dilakukan . Kita perlu meyadari bahwa niat adalah mutlak. Bila niat saja tidak ada bagaimana mau kreatif. Hmm sebuah intropeksi diri. Semoga kita selalu punya niat untuk kreatif dan selalu mengembangkan diri. Hmm aku teringat kata-kataku sendiri.Menulislah karena dengan menulis sejarah telah di tulis (By kawanlama95)

Sumber baca: David cambpbell, Phd , mengembangkan kreativitas
Demikianlah tahap-tahap kretivitas yang perlu dilakukan, semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih kepada kawan-kawan yang mau berkomentar di Blog ini.Komentar anda membuat saya akan semakin rajin untuk menulis di Blog ini