Kamis, 29 Juli 2010

Rumah sehat

Rumah sehat


Rumah sehat adalah rumah tempat dimana seseorang ingin menjadi sehat atau bertambah sehat . Biasanya jika seseorang mengalami gangguan kesehatan maka ia akan pergi ke tempat-tempat pelayanan kesehatan yang dalam masyarakat kita disebut rumah sakit atau klinik-klinik pengobatan . Banyak dari mereka yang mendambakan diri menjadi sehat di rumah sakit, namun jika saya boleh mengaris bawahi bahwa untuk menjadi sehat seyogyanya orang pergi ke rumah sehat dan bukan sebaliknya ke rumah sakit .

Seperti kita ketahui bahwa kita menyebut tempat pengobatan orang sakit sebagai rumah sakit adalah karena kita mengikuti orang Belanda yang menyebut hospital sebagai zieken huis . Kenapa demikian saya kurang jelas, padahal jika kita mengacu pada kebiasaan dalam bahasa Inggris rumah sakit adalah “hospital” yang artinya memang rumah perawatan. Bahasa arab adalah yang lebih tepat dalam hal ini, mereka menyebutnya “musytasyfah” yang artinya rumah sehat atau tempat penyehatan.

Demikian besarnya pengaruh penyebutan “hospital” maupun “musytasyfah” maupun rumah sehat itu bagi pasien akan memberi dorongan/spirit kepada pasien bahwa dia datang ketempat itu untuk menyehatkan badannya . Di rumah sehat, jika kita sakit akan disehatkan, di rumah sehat, orang yang sehat akan lebih disehatkan . Ada beberapa aktifitas di rumah sehat yaitu:

1. Pencegahan penyakit : orang dididik untuk hidup sehat dan diajarkan bagaimana mencegah agar dirinya tidak jatuh sakit .
2. Pengobatan orang sakit : dengan menggunakan bahan dan cara yang menghindari kecacadan dan mengurangi kemungkinan efek samping dari pengobatan .
3. Pemulihan kesehatan : yaitu upaya agar orang yang baru lepas dari sakit akan dapat dipulihkan kembali kesehatannya .
4. Peningkatan kualitas kesehatan : yaitu meningkatkan daya tahan dan kekuatan badan sehingga orang tidak mudah jatuh sakit .

Nyata sekali perbedaan rumah sehat dengan rumah sakit yang sekarang banyak terdapat disekitar kita . Di kebanyakan rumah sakit ada aktifitas yang sama dengan rumah sehat namun pada rumah sakit pelayanan pencegahan – pengobatan – pemulihan – peningkatan kualitas kesehatan dilakukan terpisah-pisah dan seringkali tidak berhubungan satu sama lain sehingga pasien datang ke rumah sakit sering kali datang untuk satu macam aktifitas saja.

Sudah waktunya kita mengubah paradigma rumah sakit menjadi rumah sehat, dan kelihatannya nama rumah sakit harus segera diganti menjadi rumah sehat agar paradigma sehat pari purna.

Postingan ini ditulisa oleh dr Muhammad Ali Toha Assegaf

* dr. Muhammad Ali Toha Assegaf adalah :
( Penemu Metode Smart Healing, Pra ktisi dan Pengkaji Kedokteran Nabi) Selain Sebagai Derektur Rumah Sakit Persahabatan beliau Pemilik Rumah Sehat Afiat yang berkantor di JL. Limo Raya no. 3, kompleks Griya Ruko Cinere II, Limo, Depok
Tlp. 021-7547291

Cabang :

RSA Ciputat
Jl. Kampung Utan (WR.Supratman) No.1, RT.04,RW.04, Ciputat, Tangerang Selatan.
Telp. 021 740 2423

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih kepada kawan-kawan yang mau berkomentar di Blog ini.Komentar anda membuat saya akan semakin rajin untuk menulis di Blog ini