Rabu, 27 Mei 2009

Tempat Favoritku Danau Maninjau Sumatera barat


Tempat Favoritku Danau Maninjau.....surga di Minangkabau

















"Jangan dimakan arai pinang, kalau tidak dengan sirih yang hijau.
Jangan datang ke tanah Minang, kalau tak mampir ke Maninjau."


Kawan .....


Takjub yang dilihat Presiden pertama RI. ketika soekarno mengunjunggi Danau yang sangat eksotis dan menakjubkan.
tertulislah sebuah pantun yang terucap dari mulut sang pemimpin besar Indonesia.bukan hal yang berlebih - lebihan
Jikalau seorang wartawan sebuah majalah terbitan Jakarta ketika berkesempatan datang ke Danau maninjau.Ketika ku
Baca majalah tersebut,aku menilai tulisannya dalam mendeskripsikan tentang danau maninjau terlalu berlebihan....

Kawan .....

Tahun 2002 aku pergi Kekota Padang dalam rangka urusan yang penting.tak kusia-siakan untuk datang keKampung halaman
orang tuaku.Sekaligus silahturahim dengan sanak saudara.Tak ayal baru saja memasuki Daerah muko-muko.Mataku tak berkedip
memandang danau maninjau yang begitu indah,hilang lenyap segala kele tihan, yang terjadi adalah betapa bersyukurnya diri ini
bisa datang ke Danau maninjau.So, benar yang ditulis kawan wartawan memang luar biasa danau maninjau.












SEKILAS MANINJAU

Danau maninjau terletak di kecamatan Tanjung Raya

secara geografis terletak 0º , 12º LS dan 100º 16’ BT
Luas wilayah 150,7676 KM²
Ibukota .Tanjung raya.
Maninjau terdiri 16 buah desa (kanagarian)
± 36 Km dari bukit tinggi , 29 Km Ke lubuk Basung
Dari Padang 140 Km
Ketingian 471 M diatas permukaan laut.

• Batas wilayah
Utara kecamatan palembayan
Timur Kab Padang Pariaman
Selatan Kab Padang Pariaman dan kecamatan Lubuk Basung

Letak kecamatan Tanjung Raya berada di lembah kecamatan Matur
dan kecamatan palembayan

• Luas
No Bentuk Fisik Luas (Km) Persen %
1 Daratan 150 60,25
2 Hamparan Air 99,50 39,75
J u m la h 250,26 100

Luas danau Maninjau : 99,50 Km²
Kedalaman ± 157 M
Keliling 66 Km ² Jarak dari tepi ketepi terpanjang 16 Km² lebar ± 9 Km²

• Sungai – sungai
- Batang antokan
- Batang kurambik
- Batang Amparan
- Batang Kumango
Antara hamparan air dengan perbukitan 10 -50%

• Iklim
a. 24º - 28º c

• Kondisi Sosial Budaya
a. Penduduk 33071 jiwa tersebar pada 16 desa (kangarian)
b. Pendidikan
c. Mata pencarian – Petani 72,6%
Pedagang 13,3% buruh ,tukang, sopir 3.3%

10 komentar:

  1. Danau Maninjau memang Indah...sepertinya aku pernah baca postingan tetang danau ini juga tapi di mana lupa......
    Kampung halaman ya Kawan?

    BalasHapus
  2. wew.. keren tuh kayanya..
    kapan ya bisa ke sana..

    BalasHapus
  3. itu foto baru apa jadul?
    kalo baru: jadi kapan saya diajak liat2... hihi
    kalo jadul: waduh pasti berubah deh wajahnya skg...

    *tidak perlu dibayar kalo cinta mah...*

    BalasHapus
  4. mau doa apa...om? banyak uang apa cepet merit? jangan lupa doain balik...
    *pamrih aja nih dee*

    laptop dah balik kann??

    BalasHapus
  5. kakak abis jalan2 ke sana ya

    BalasHapus
  6. Temukan Cara bagaimana Menambah penghasilan dari website anda bersama ads.kombes.com.

    Tayangkan Iklan Banner/Teks yang relevan sesuai dengan konten situs anda.

    Dapatkan penghasilan dari setiap klik iklan (60% untuk anda) oleh pengunjung melalui situs anda.

    Sistem Penyaring Iklan memungkinkan anda untuk menolak iklan dari pesaing situs anda.

    Anda dapat menampilkan iklan pada web/blog serta mesin pencari. Anda dapat memasang unit iklan kami bersama-sama dengan program iklan lainnya.

    BalasHapus
  7. Wah . .dah lama ga k maninjau

    BalasHapus
  8. duhh..ngeliat di fotonya, emang indah ya Danau Maninjau. Seumur2 belum pernah menginjak tanah Sumatra nih..

    BalasHapus
  9. hehehe.. tetangga sebelah kotaku, aku juga sering main kesana kok.. :D

    BalasHapus

Terima kasih kepada kawan-kawan yang mau berkomentar di Blog ini.Komentar anda membuat saya akan semakin rajin untuk menulis di Blog ini